Thursday, December 8, 2016

, , , ,

Ada Apa dengan Pantai Siung Gunungkidul Yogyakarta?




Ah liburan itu apa sih? Setiap orang yang memiliki rutinitas luar biasa setiap harinya pasti berharap dengan yang namanya liburan. Kenapa? Karena liburan membantu kita untuk lebih fresh. Setelah bekerja cukup lama, pasti perlu namanya rekreasi agar tidak stress.



Mencari lokasi liburan memang gampang-gampang susah. Untuk Kalian yang sudah jenuh dengan hiruk pikuk kota bisa memilih wisata alam. Sekalian sebuah "healing" menghirup udara segar di daerah yang belum banyak terkontaminasi dengan polusi.

Jogja atau disebut juga dengan Yogyakarta menyimpan berbagai lokasi indah yang patut dijadikan tujuan wisata. Mulai dari gunung hingga pantai. Salah satu yang akan saya bagikan adalah wisata pantai yang cukup indah. Meskipun jalan ke lokasinya cukup menantang dan membutuhkan waktu yang cukup lama dari pusat kota. Tetapi sesampainya disana, pasti lelah perjalanan akan menghilang. Tidak akan kecewa dengan keindahan alamnya.




 Beberapa minggu lalu saya menuju salah satu pantai yang memang cukup terkenal di Jogja, yaitu pantai Siung? Kenapa saya kesini? Karena ingin saja. Sebenarnya saya sudah pernah berlibur ke pantai ini 4-5 tahun lalu bersama seorang teman. Pantai Siung dulu dan kini banyak berbeda, perbedaan terbesarnya pada segi fasilitas dan keramaiannya. Dulu pengunjung yang datang bisa dihitung dengan jari, meskipun saat weekend. Tetapi kemarin, pengunjungnya sangat membludak luar biasa. Dan karena kenaikan jumlah pengunjung, jadi fasilitas umum di lokasi pantai Siung juga mengalami peningkatan yang luar biasa.

Sesuai dengan jenis pantai di Gunungkidul yang didominasi oleh pantai bertebing. Pantai siung memang merupakan pantai bertebing, dan merupakan daya tarik cukup luar biasa. Selain itu, pantai Siung juga dikenal sebagai lokasi panjat tebing yang populer.

Rute Menuju ke Pantai Siung tidaklah berbeda dengan rute pantai lain di Gunungkidul. Dari pusat kota masuk ke jalan piyungan naik ke atas hingga bukit bintang, ikuti jalan terus hingga sampai di Wonosari kota. Ada pertigaan alfamart belok kanan, ikuti terus rambu penunjuk jalan. Karena papan penunjuk jalan sudah cukup lengkap.

Biaya yang diperlukan sebagai retribusi masuk adalah 10ribu per orang dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua yang ditarik saat mau masuk ke kawasan pantai Gunungkidul. Selain itu juga ongkos parkir kuranglebih 2ribu rupiah di tiap pantai.




Saat berada disana jangan melewatkan untuk naik ke atas perbukitan. Meskipun lelah dan membutuhkan banyak tenaga, tetapi hasil yang diperoleh sangat luar biasa. Pemandangan laut selatan dan juga ditambah dengan keindahan langitnya yang lumayan cerah saat itu. Pesannya cuma satu, hati2 saat mengambil gambar, karena setelah hujan jalan licin dan bisa gampang terpleset. Jangan lupa juga membawa minuman saat naik ke atas bukit. 

Itu pengalaman saya mengunjungi pantai Siung, untuk kalian yang memiliki pengalaman serupa dan merekomendasikan lokasi wisata yang patut dikunjungi, silahkan infokan ya, bisa posting di kolom komentar.
Location: Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment