Tuesday, January 15, 2019

, , ,

KENAPA DENGAN SLS DAN SLES PADA SKINCARE

Maraknya skincare yang mentasbihkan dirinya organik, semakin terbuka juga kandungan-kandungan dalam skincare yg baiknya dihindari untuk kondisi kulit wajah tertentu, salah satunya adalah kandungan SLS. Digadang-gadang skincare yg non SLS/SLES lebih baik menjadikan kita semakin kepo, apa sih SLS dan kenapa kok dihindari

SLS singkatan dari Sodium Lauryl Sulfate sedangkan SLES singkatan dari Sodium Laureth Sulfate. Bahan ini banyak ditemukan pada produk-produk kecantikan dan pada sabun pembersih karena merupakan salah satu bahan kimia yang mampu melepaskan molekul-molekul dalam kulit yang membantu proses pembersihan lebih efektif. 

Kenapa banyak produk skincare yang menggunakan SLS dan SLES? 

Jawabannya tentu sangat sederhana, karena harganya yang lebih terjangkau. Dengan harga yg terjangkau SLS terbukti sangat efektif penggunaannya dan mudah untuk dibilas. SLS yang banyak digunakan pada sabun wajah kemungkinan mengiritasinya kecil apabila dibilas. Lalu bagaimana dengan penggunaan SLS pada produk perawatan non bilas seperti toner dan krim wajah? Oleh karena itu ada aturan batas aman penggunaan SLS yaitu tidak lebih dari 1%. 

Reaksi yang dapat dirasakan saat menggunakan produk dengan kandungan SLS berbeda-beda. Hal ini tergantung pada bagaimana reaksi kulit dan seberapa sensitif kulit terhadap SLS. Beberapa reaksi yg dirasakan saat menggunakan produk dengan kandungan SLS diantaranya adalah iritasi kulit dan iritasi bawa mata serta bibir. Hal ini berbeda-beda tiap orang tergantung pada tingkat sensitivitas kulit masing-masing. Reaksi yg dirasakan lainnya adalah kulit menjadi kering. Tentu hal ini tidak baik apabila Kamu memiliki jenis kulit yang kering. Tapi beberapa orang memang memerlukan reaksi yg seperti ini. 

Aman ga sih sabun wajah yg memiliki kandungam SLS/SLES

Aman-aman aja dong kalau sesuai dengan dosis aman. Selain itu, reaksi tiap orang berbeda karena kondisi kulit yang berbeda. Yang paling tahu dan paham tentu pemilik kulitnya sendiri. Ada memang orang yg justru mencari produk pembersih dengan kandungan SLS karena kulitnya over berminyak.
Jadi jangan lupa untuk cek ingredient produk perawatan biar tau apa aja yg terkandung dalam produk yang dipakai. Kenali bagaimana kulit dan sensitif terhadap zat apa aja.
Semangat memperbaiki diri ya sist

0 comments:

Post a Comment